*USIA  45 Up SEBAIKNYA SDH TIDAK USAH FOCUS MEMBURU KULINER... perBanyak REKREASI saja....*

Ini pesan *Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-KR. (Guru Besar FK UGM)*

*Untuk Saudara2ku yg Telah ber Usia 45 thn ke Atas , Lebih2 Disiplin Jaga KeSehatan*

Proses PeNuaan (aging), Sudah Mulai Sejak usia 32 tahun, dgn Mulainya *Penurunan Fungsi Organ-Organ* (Seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dsb.nya) dan 

*Penurunan Hormon-Hormon* (Seperti Testosteron, Growth Hormon, Coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan).

Pada Wanita usia 45 th Mulai PeNurunan Estrogen. Pada Pria PeNurunan Hormon Progesteron dan Testosteron.

*PeNuaan Adalah Suatu Penyakit yg BerLangsung Kronis yg Sebenarnya Tidak Dapat di Cegah , di Obati dan di Kembalikan Menjadi Muda*.

PeNuaan Bukanlah Hukuman , tetapi Akibat Titah dari Gen.

*Beberapa Penyakit yang Muncul Akibat Proses PeNuaan*, adalah:

1. Osteoporosis.
2. Metabolik Syndrome, dgn Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).
3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).
4. Alzeimer (Pikun).
5. SD (Sexual Dysfunction).

*APA SAJA YG HARUS DILAKUKAN?*

*1.BERGERAK*.

Jalan kaki 3 s/d 5 km/hari) dapat MenCegah Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi.

*2.SENAM OLAH NAFAS*

Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dsb 2x / Minggu. 
Paru-paru Perlu Latihan Deep breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan Aliran Darah di alveoli, Menguras CO2.

*3.KURANGI KARBOHIDRAT*

Cukup Protein, Buah dan Sayur.

*4.JAGA BERAT BADAN*

Bobot Ideal Pria ( Tinggi Badan diKurangi 100 ) , Wanita ( Tinggi Badan diKurangi 110 ).
Lingkaran Perut Tak Boleh Lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk Pria. 
BMI Tak Boleh Lebih 30 kg/m2.

*5.TEKANAN DARAH TIDAK BOLEH LEBIH 140/90.*

Cek Tensi Tiap Minggu. 

*6. KADAR GULA DARAH PUASA TIDAK BOLEH LEBIH 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.*

Jadi Cek Darah Max Tiap 6 Bulan. 

*7.Wanita MAMMOGRAFI dan PAP SMEAR setiap 1 thn.*

Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara.

*8.ISTIRAHAT CUKUP*

Tidur 6 jam seBisanya mulai jam 10 malam, Lampu Mati (Merangsang Growth Hormon). 
Jangan Makan 3 jam Sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak). 

Bantal Pendek (Meningkatkan Oksigenasi otak). 

Miring ke Kanan (mengurangi Beban Jantung).

*9.KURANGI STRESS*

Jgn beKerja di Luar Kapasitas/ KeMampuan. 

*Perbanyak Rasa Syukur , Doa atau Meditasi* ,

 
Senantiasa  *Perbaiki Kualitas ibadah , Iman , Sosial & Hiburan yg Positif* , 

*PerBanyak Saat Kumpul2 , Ngobrol2 Santai , Canda Ria ,  Silaturahim atau Berkumpul dgn Keluarga & Sahabat jg Teman2*

*Tidak Boleh Marah2 atau Emosionil , Buang Jauh2 Hal2 yg berPotensi memBuat Sedih/Kasus ( Hukum/perMusuhan), Bahkan Hadapilah Segala Hal dg Senyum Bahagia*

Lebih Bijaksana dalam penggunaan harta

*Disalin dari Grup WA, penulis tidak diketahui