Ramen adalah mie kuah khas Jepang, walau itu berasal dari China, jenis ramen pun sangat beragam, biasanya di daerah2 di Jepang ini punya ciri khas dari ramen tersebut. Ramen hampir sama dengan mie ayam, cuman mie nya agak lebih kenyal dan kaldunya lebih pekat.

Jenis kaldupun sangat bervariasi, hampir dipastikan ini menurut cerita orang jepang, bukan ramen namanya kalau kaldunya bukan dari tulang babi, karena ciri khas dari ramen adalah kaldu kuah babi. Ada juga yang mencampurkan berbagai macam tulang, misalnya babi, sapi, ayam katsuobushi (serutan ikan tongkol), sababushi, niboshi, konbu, kacang
kedelai, shitake, dan bawang bombay .
Ramen juga bisa digolongkan berdasarkan jenis-jenisnya yakni berdasarkan kuah yang dibuat dengan cita rasa berbeda, misalnya kuah rasa asin, miso
dan rasa ton katsu (babi).

Kalau di mie ayam toping yang digunakan adalah tumisan ayam, pangsit kadang ditambah bakso, tapi kalau ramen digunakan irisan daging babi, daun bawang dan nori..

Menurut cerita orang Jepang, disini ramen umumnya haram karena pasti menggunakan ornamen dari babi, misalnya kalau nga pake toping irisan daging babi, jelas pake kuah daging lain yang tentu tidak halal, atau pake penyedap rasa seperti pork ekstrak dll.

Kesimpulanya.. jangan nyoba2 makam ramen di jepang yaa..

-----------------------------------------

Posting di Grup PEDULI HALAL MAKANAN JEPANG FB oleh mbak Dina Sujana pada 30 Oktober 2009

https://www.facebook.com/groups/117131206885/