Poll: Anda sudah tahu?
July 16, 2017 by
Tidak hanya terkenal dengan wisata dan produk-produk halalnya, kini negeri sakura kembali mengirim kabar gembira perihal muslim needs. Baru-baru ini, komunitas muslim Indonesia mendirikan sebuah Sekolah Islam Internasional pertama di negara tersebut. Sekolah yang diberi nama YUAI International Islamic School (YUAI-IIS) ini berlokasi di Kota Tokyo, Jepang. Pendiriannya di bawah naungan FGA Education Foundation yang merupakan yayasan pendiri lembaga pendidikan bertaraf internasional.
Kehadiran YUAI International Islamic School ini diharapkan menjadi sekolah model di negara yang muslimnya minoritas seperti Jepang. YUAI-IIS adalah satu-satunya sekolah internasional di Jepang yang mengintegrasikan Cambridge Curriculum, Islamic Curriculum, dan kurikulum Jepang. Sekolah ini berdiri dari hasil kolaborasi antara Islamic Center of Japan dan FGA Education Foundation yang diinisiasi muslim Indonesia yang tinggal di Jepang.
Seperti dilansir dari publikasi japanesemuslims, sekolah ini dibangun dekat Masjid Tokyo, sehingga mudah diakses para pengunjung atau warga sekolah tersebut. Desain bangunannnya pun sederhana yang tidak menyulitkan para pengunjung, karena sekolah ini memang rancang untuk memperkenalkan Islam kepada warga Jepang melalui kursus singkat, seperti kursus bahasa Arab, Pelajaran Agama Islam, belajar Kaligrafi, dan lainnya. Sekolah ini juga menawarkan banyak pilihan program kelas, misalnya kelas satu minggu dengan banyak pilihan materi belajar yang bisa para siswa pilih sesuai ketertarikan mereka. tapi, dalam jangka panjang, sekolah ini juga akan merekrut siswa dengan pilihan program kelas reguler. Selain itu, di tahun pertamanya YUAI-IIS juga membuka kindergarten 1 dan 2 (setingkat TK) dan secondary 1 (setingkat SMP).
Menurut Ketua FGA Education Foundation Yetti Dalimi mengatakan para pendiri sekolah ini adalah mereka yang selama ini berusaha aktif dalam dunia pendidikan di Tokyo dan sekitarnya. Yayasan ini bekerjasama dengan Islamic Center of Japan yang merupakan organisasi Islam tertua di Jepang. Tambah Yetti, Mereka memiliki visi yang sama dalam membangun sekolah untuk membentuk anak-anak yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, sosial, dan daya tahan yang baik sehingga mampu berkontribusi bagi masyarakat.
Yetti Dalimi melihat urgensinya pendirian sekolah bertaraf internasional di Jepang karena Muslim di negeri sakura itu mengalami suatu masalah serius yang ia istilahkan sebagai the lost generation, yaitu generasi muda yang lahir dan besar dari keluarga Muslim tetapi makin jauh dari nilai-nilai Islam ketika mereka beranjak dewasa. Bahkan ada yang tidak menganggap diri mereka seorang muslim.
Melalui sekolah ini, Yetti dan timnya berharap YUA-IIS dapat membentuk anak-anak ini menjadi Muslim cemerlang, bahagia dan bangga dengan identitasnya, dan mampu melebur dan bekerja sama dengan berbagai elemen dan berkontribusi bagi kemanusiaan.
YUAI-IIS diresmikan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman pada (25/07/2016). Dalam kesempatan tersebut, Irman mengatakan kualitas pendidikan Jepang memang tak perlu diragukan lagi. Pendidikan karakter di sekolah mereka juga well-established. Tetapi, anak-anak muslim membutuhkan lebih dari itu. Mereka membutuhkan pendidikan yang memperkuat akidah dan menumbuhkan spirit yang dimiliki oleh Rasulullah, seperti spirit untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. (fau/dbs)
Dikutip dari http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/07/28/990...
Baru tahu juga nih